Powered by Blogger.

Cara Mengobati Diare

Cara mengobati diare
Cara mengobati diare - Diare atau dalam bahasa kasar disebut menceret adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Di Negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus menerus disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual dan muntah. Tetapi gejala lainnya yang dapat timbul antara lain pegal pada punggung,dan perut sering berbunyi. Berikut ini kami akan mengulas tentang cara mengobati diare

Cara alami mengobati diare

Untungnya, di Indonesia banyak sekali tanaman alami yang bisa digunakan untuk mengatasi mencret atau diare. Salah satu yang terkenal adalah jambu biji. Ya, ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengobati penyakit mencret yang kita alami. Baik daun maupun buahnya bisa digunakan untuk mengatasi mencret. Namun jika anda mengalami disentri stadium dua, anda bisa menggunakan akarnya untuk mengobati.

Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada produk obat untuk mengobati mencret dan menggunakan daun jambu biji sebagai bahan dasarnya. Penelitian tentang jambu biji menyebutkan kalau daun jambu biji ternyata bisa melawan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia colli.

Cara membuatnya adalah, 15 sampai 30 gram daun jambu biji kering dicuci bersih lalu direbus menggunakan 150-300 ml air mendidih. Lamanya waktu perebusan adalah 15 menit terhitung sejak air mulai mendidih. Saring dan airnya bisa anda minum maka diare anda akan segera sembuh.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk membuat ramuan jambu biji untuk mengobati mencret adalah dengan menumbuk hingga halus 12 lembar daun jambu biji segar. Namun sebelumnya anda harus mencuci daunnya terlebih dahulu agar bersih. Tambahkan garam dan setengah gelas air lalu campur hingga rata. Peras airnya dan minum, itu adalah obat alami untuk mengobati diare.

Demikian artikel cara mengobati diare, semoga bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba..

Sumber

No comments:

Post a Comment