Powered by Blogger.

Berapa Lama dan Berapa Banyak Menstruasi ??


Jumlah waktu bahwa seorang gadis memiliki menstruasi juga dapat bervariasi. Beberapa gadis memiliki periode yang berlangsung hanya 2 atau 3 hari. Gadis-gadis lain mungkin memiliki periode yang berlangsung 7 hari. Aliran menstruasi - yang berarti berapa banyak darah keluar dari vagina - dapat sangat bervariasi dari gadis dengan gadis juga.

Beberapa gadis mungkin khawatir bahwa mereka kehilangan terlalu banyak darah. Hal ini dapat menjadi kejutan untuk melihat semua darah itu, tapi itu tidak mungkin bahwa seorang gadis akan kehilangan terlalu banyak, kecuali dia memiliki kondisi medis seperti penyakit von Willebrand. Meskipun mungkin terlihat seperti banyak, jumlah rata-rata darah hanya sekitar 2 sendok makan (30 mililiter) untuk seluruh periode. Sebagian besar remaja akan mengganti pembalut 3 sampai 6 kali sehari, dengan perubahan yang lebih sering ketika periode mereka adalah terberat, biasanya pada awal periode.

Terutama ketika periode menstruasi yang baru, Anda mungkin khawatir tentang aliran darah Anda atau apakah haid normal dengan cara lain. Bicaralah dengan dokter atau perawat jika:

  •  Haid berlangsung lebih lama dari seminggu
  •  Anda harus mengganti pembalut sangat sering (merendam lebih dari satu pad setiap 1-   2 jam)
  •  Anda pergi lebih dari 3 bulan antara periode
  •  Anda telah perdarahan di antara periode
  •  Anda memiliki jumlah yang tidak biasa nyeri sebelum atau selama periode Anda
  •  Periode menstruasi Anda yang biasa kemudian menjadi tidak teratur

Haid

Beberapa gadis mungkin melihat perubahan fisik atau emosional sekitar waktu periode mereka. Kram menstruasi cukup umum - pada kenyataannya, lebih dari setengah dari semua perempuan yang mengalami menstruasi mengatakan mereka memiliki kram selama beberapa hari pertama periode mereka. Dokter berpikir bahwa kram disebabkan oleh prostaglandin, bahan kimia yang menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi.

Tergantung pada gadis itu, kram menstruasi dapat menjadi membosankan dan sakit atau tajam dan intens, dan mereka kadang-kadang dapat dirasakan di bagian belakang serta perut. Ini kram sering menjadi kurang nyaman dan kadang-kadang bahkan hilang sepenuhnya sebagai seorang gadis mendapat lebih tua.

Banyak gadis dan wanita menemukan bahwa obat nyeri over-the-counter (seperti acetaminophen atau ibuprofen) dapat meredakan kram, karena bisa mengambil mandi air hangat atau menerapkan bantal pemanas hangat untuk perut bagian bawah. Berolahraga secara teratur sepanjang siklus bulanan dapat membantu mengurangi kram, juga. Jika hal ini tidak membantu, tanyakan kepada dokter Anda untuk meminta nasihat.

No comments:

Post a Comment